Kamis, 02 Februari 2012

CARA MENYIAPKAN DAN MENGGUNAKAN LEMARI ENKAST

CARA MENYIAPKAN DAN MENGGUNAKAN LEMARI ENKAST

Tempat lampu TL dan lampu UV yang diletakkan di atas lemari enkst. Pilih lampu TL dan lampu UV ukuran 15 watt serta pilih homing tempat lampu neon dan lampu UV yang untuk ukuran 15 watt juga.

Baguian dalam dari homing lampu TL dan lampu UV ukuran 15 watt, bagian ini mudah diangkat sehingga memudahkan pemasangan lampu TL dan lampu UV bila masa pakainya sudah habis.

Contoh saat lampu TL dihidupkan.

Sebelum dipakai untuk memasukkan alat dan bahan yang akan kita gunakan untuk kultur jaringan pada salah satu kaos tangan bisa dibuka untuk memasukkan alat dan bahan. Ingat karena sebelum dipakai baik bagian dalam dan bagian luar lemari enkast sebaiknya disterilkan menggunakan alkohol 70 % atau alkohol 96 % lalu di sterilkan bagian dalam menggunakan pancaran sinar UV dari lampu UV type bacterisidal selama 12 jam. Dan karena bagian dalam disemprot dengan larutan alkohol 70 % atau alkohol 96 % maka jangan sekali-laki menggunakan lampu bunsen selama bekerja dengan lemari enkast.

Contoh alat dan bahan setelah dimasukkan, kalau alat dan bahan sudah masuk semua maka bagian dalam lemari enkast kemudian disemprot dengan alkohol 70 % atau alkohol 96 % secara merata dan akan lebih baik lagi bagian dalam juga diberi dengan formalin tablet untuk sterilisasi bagian dalam ruang lemari enkast. Baru setelah ini lampu UV bisa dihidupkan selama 12 jam dan saat lampu UV dinyalakan alangkah baiknya jika lemari enkast bagian luarnya ditutup rapat dengan kain hitam yang tebal.

 

Bila sudah 12 jam disinari lampu UV maka lemari enkast siap untuk digunakan untuk mengerjakan kegiatan kultur jaringan tumbuhan dengan terlebih dahulu memasukkan bahan eksplan yang mau ditanam dan sekali lagi disemprot dengan alkohol 70 % atau alkohol 96 % dan lemari enkast siap digunakan.

 Proses kerja dengan menggunakan lemari enkast

Hasil penanaman dengan menggunakan lemari enkast

Tidak ada komentar:

Posting Komentar