Kamis, 09 Agustus 2018

Membangun Laboratorium Kultur Jaringan Sederhana

Membangun Laboratorium Kultur Jaringan Sederhana

Bangunan laboratorium kultur jaringan tumbuhan bisa dibuat dengan bangunan semi permanen dari bahan kayu sertacalsiboard bukan dibangun dari bangunan permanen yang menggunakan bahan material batu bata dan semen. Memang untuk lantainya untuk mendapatkan standart kebersihan tetap menggunakan material keramik yang direkatkan dengan semen.
Untuk luas bangunannya memanfaatkan ruang yang berukuran 3 x 16 meter yang dibagi menjadi 4 area yaitu :
1.  Bagian Ruang Tamu
2.  Bagian Ruang Preparasi Media
3.  Bagian Ruang Tabur
4.  Bagian Ruang Inkubasi
Untuk ruang tamu yang penting bersih dan di ruang tamu ini tidak mensyaratkan ruangan harus steril, akan tetapi tetap harus bersih.
Untuk ruang preparasi media juga sama dengan ruang tamu yang penting bersih dan tidak mensyaratkan harus steril.
Sedangkan ruang tabur di bagian plafonnya diberi lampu UV bactericidal yang saklar untuk menyalakannya berada di bagian luar ruang tabur, dalam hal ini ada di ruang preparasi media. Pada saat ruang tabur akan digunakan 12 jam sebelum digunakan di ruang tabur harus disterilisasi dengan menggunakan lampu UV. Dan di ruang tabur ini di bawah meja lemari enkast ada rak untuk menyimpan botol yang berisi media yang belum ditanami eksplan. Dan di ruang tabur ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan atau AC.
Untuk ruang inkubasi berisi rak-rak untuk menyimpan botol yang berisi media agar yang telah ditanami eksplan.  Dan di ruang inkubasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan atau AC, termometer dan higrometer.

 Bagian Ruang Tamu

 Bagian Ruang Preparasi Media


Bagian Ruang Tabur

Bagian Ruang Inkubasi

Melihat laboratorium ini orang pasti tidak akan pernah menyangka bahwa laboratorium kultur jaringan tumbuhan dibangun dari bahan yang lebih murah demikian juga dengan alat dan bahan kimianya. Meskipun demikian laboratorium ini tetap bisa digunakan dengan baik dan hasil penanamannya juga dalam kondisi baik.

 
  
 Kerja di dalam laboratorium kultur jaringan 

Hasil penanaman yang disimpan di ruang inkubasi

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi penulis untuk konsultasi tentang desain pembangunan laboratorium kultur jaringan tumbuhan. 

Penulis :
Agung Surono
HP     : +628562927655
email : agungsurono@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar