Senin, 08 Mei 2017

Teknik Water Culture Orchid

Teknik Water Culture Orchid

Teknik Wick atau Teknik Sumbu
Untuk seedling paling aman menggunakan teknik wick atau teknik sumbu dengan menggunakan kain flanel. Kenapa menggunakan kain flanel. Karena kain flanel cepat menyerap air dan tahan lama lembabnya. Untuk alternatif bisa juga menggunakan kain handuk.

Potongan bulbus yang ada akar-akarnya / seedling



Sediakan botol aqua lalu dipotong jadi 2 bagian. Bagian bawah diisi dengan air yang sudah diberi dengan pupuk cair dengan konsentrasi setetes pupuk cair untuk satu gelas air, sedangkan bagian atas dibalik lalu seedling disusun di leher botol aqua dan dibagian mulut botol aqua diberi kain flanel dan ada bagian kain flanel yang menembus mulut botol aqua yang berfungsi sebagai sumbu yang nantinya sumbu ini menarik ke atas untuk mensuplai air ke akar-akar anggrek seeding.


Setelah itu bagian atas botol yang telah diisi dengan seedling dan kain flanel dimasukkan ke potongan botol aqua bagian bawah yang berisi air.


Lalu setelah itu diberi sungkup untuk menjaga kelembaban, adapun lama penyungkupan dilakukan hingga keluar keikinya, dan ini harus sering dilihat untuk mencegah pembusukan bulbusnya. Akan tetapi kalau dirasa repot bisa juga tanpa penyungkupan. Untuk yang tanpa penyungkupan kemudian diletakkan di tempat yang teduh dan dingin agar air dan flanelnya tidak cepat menjadi kering.
Ada lagi yang menggunakan gelas minuman yang sudah ada tutupnya.
  
Sistem wick yang menggunakan gelas yang ada tutupnya.

Untuk kasus pseudobulb yang di WCO lalu tumbuh keiki di bagian atas pseudobulb lama kelamaan akarnya akan menjadi kering karena jauh dari air. Untuk menjaga agar keiki yang tumbuh terpenuhi kebutuhan airnya, airnya bisa kita naikkan sampai ke dekat akar. 

 Keiki tumbuh di bagian atas pseudobulb
 Lama-kelamaan keiki akarnya menjadi kering kekurangan air
 Cara pertama, untuk menjaga agar keiki yang tumbuh terpenuhi kebutuhan airnya, Airnya bisa kita naikkan sampai ke dekat akar.
Cara kedua, batang induk bisa dipotong kemudian di oles bubuk kayu manis dan dikeringkan selama 2-3 hari, baru keikinya diWCO langsung. 
 
Water Cultur Orchid Untuk Phalaenopsis
Proses mulai WCO Phalaenopsis dari dikeluarkan dari media moss dipot
  1. Dikeluarkan dari pot akar yg sudah nempel di pot agar tidak luka disemprot air atau direndam dalam air dahulu biar mudah lepas
  2. Bersihkan medianya dan akar yang mati atau busuk dipotong dengan menggunakan gunting yang steril atau bersih. Ada baiknya gunting direndam dalam fungisida untuk beberapa saat.  
  3. Cuci bersih dan oleskan betadine dibagian akar dan daun yang dipotong, lalu kemudian  diangin-angin sampai kering. Betadine berfungsi untuk mencegah agar luka potongan tidak menjadi busuk karena serangan bakteri.
  4. Siapkan tempat vas/pot kaca yg diisi air untuk WCO
  5. Masukkan anggrek ke air yg sudah disiapkan. Karena bekas potongan akar diberi betadine maka air berubah menjadi coklat karena pengaruh betadine itu sesuatu hal yang wajar. Untuk bagian akar yang masuk air hanya ¼ bagiannya saja.
  6. Cek airnya setiap minggu. Air dapat diganti setiap minggu atau tergantung keadaan apabila airnya sudah keruh. Cuci pot tempat air dengan menggunakan air yang dicampur dengan sabun cuci untuk piring.
  7. Pemupukan bisa dilakukan setiap bulan sekali. Konsentrasi pemupukan satu tetes pupuk cair untuk satu gelas air. Pastikan tidak terlalu banyak menggunakan pupuk karena al ini bisa menyebabkan akar-aar anggrek menjadi hangus. Setelah beberapa hari buang larutan pupuk lalu ganti dengan air biasa.
Pada awal perlakuan WCO ini akan ada pembusukan akar dan daun mengerut dan menguning sebagai proses adaptasi dari tanaman yang diperlakukan dengan teknik WCO ini akan tetapi kalau sudah melewati masa adaptasi maka tanaman akan survive.
Kalau yang takut batangnya tenggelam lalu batang mengalami pembusukan bisa melakukan WCO dengan kawat spiral seperti foto di bawah ini.


Dengan perlakuan WCO pada tanaman Phalaenopsis biasanya setelah 2,5 bulan akan tumbuh 2 buah daun dan akar menjadi lebih segar-segar.

 WCO tanaman Ascocentrum miniatum selama 3 minggu mulai keluar akar baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar