Selasa, 09 Mei 2017

Budidaya Anggrek Tanah

Budidaya Anggrek Tanah


Latar Belakang
Hampir semua wanita menyukai bunga apalagi ibu rumah tangga, pastinya Anda juga ingin membuat indah rumah  Anda dengan menanam bunga  berbagai macam.  Ada cukup banyak bunga  yang bisa memperindah rumah, bunga-bunga tersebut  bisa Anda dapatkan  dengan menanamnya  sendiri maupun dengan  membeli bunga. Membeli bunga di beberapa petani bunga tentu harganya mahal dibandingkan jika Anda bisa menanamnya sendiri.   Apakah Anda  tau bahwa dengan bisnis bunga   pelaku bisnis tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang besar? Bisnis  bunga bukanlah bisnis sembarangan, jika Anda bisa menjual  bunga dan menjadikan  bunga sebagai salah satu  plihan untuk berbisnis pastinya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.
Saat ini  banyak ibu rumah tangga yang memilih bisnis menjual bunga terutama bunga yang  bisa dijual dengan harga cukup mahal.  Beberapa bunga yang sangat baik untuk dijadikan  bisnis adalah bunga mawar, bunga anggrek dan juga bunga melati. Anda  bisa memilih bunga anggrek untuk   prospek bisnis yanng menjanjikan apalagi bunga satu ini bisa dipasarkan dengan mudah tanpa harus  menjualnya kesana kemari.  Bunga anggrek banyak disukai oleh wanita, bahkan banyak sekali wanita yang ingin melengkapi taman di rumannya dengan  bunga satu ini. Anggrek memiliki ciri yang unik dan membuat banyak orang   jatuh hari, hal inilah yang  menjadi peluang bisnis cukup menggiurkan bagi  Anda.
Bagaimana memulai bisnis anggrek apakah sulit? Memulai bisnis pastinya membutuhkan kerja keras, sekalipun Anda sudah banyak memiliki bisnis namun tetap saja untuk memulai bisnis baru yang berbeda, Anda membutuhkan ketekunan dan kegigihan agar bisnis tersebut bisa  berkembang. Demikian juga   bila Anda belum pernah menjalankan bisnis, Anda harus berjuang  agar bisnis tersebut bisa dijalankan dengan lancar. Untuk memulai bisnis  anggrek, Anda  bisa mencari berbagai informasi di   internet atau  yang lebih bagus adalah mencari  informasi tentang prospek bisnis anggrek pada mereka yang telah sukses menjadi pengusaha anggrek.
Bunga anggrek merupakan sejenis bunga hias yang memiliki banyak penggemar. Bunga ini sudah dikenal kecantikannya selama berabad – abad yang lalu, seperti halnya bunga mawar, bunga anggrek juga mewujudkan rasa cinta dan keindahan sehingga pecinta bunga ini tidak pernah turun dari tahun ke tahun.
 Bunga anggrek berasal dari jenis famili “Orchidaceae” yang berasal dari bahasa yunani yaitu “orchid” atau  orchis. Bunga ini memiliki banyak corak dan jenis, keindahan bunga ini tidak kalah dengan bunga lain. Tak heran jika bunga anggrek kemudian dijadikan sebagai salah satu komoditi tanaman hias nusantara yang banyak di ekspor ke luar negeri.
Menurut data dari Dirjen Hortikultura Indonesia tahun 2006-2007, permintaan bunga hias di pasar dunia cenderung meningkat setiap tahunnya. Ini tentu tidak lain karena kekayaan alam Indonesia yang berlimpah serta ditunjang oleh kesuburan tanah dan iklim tropis yang menaungi bangsa ini.  Salah satu jenis bunga anggrek yang sangat prospektif untuk dijadikan sebagai peluang usaha adalah jenis anggrek potong.
Anggrek potong bisa dikatakan sangat laris di pasaran. Bisnis anggrek potong memang  cukup banyak peminatnya bahkan anggrek potong ini banyak yang di ekspor  ke luar negeri.  Permintaan jenis anggrek ini semakin tinggi dari tahun ke tahun. Selain itu, dari sisi pembudidayaannya tidak terlalu sulit serta dapat dilakukan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau kota kota padat lainya.
Peluang bisnis apapun harus dibaca terlebih  dulu, jangan langsung memilih bisnis   jika Anda belum membaca peluang bisnis. Misalnya   dalam  hal  ini Anda akan memulai bisnis  anggrek maka Anda harus membaca  peluang bisnis tersebut, apakah  bisnis anggrek ini  cocok untuk  satu tahun, sua tahun ataukah bisa dijadikan bisnis   dalam waktu yang cukup lama. Untuk  bisnis bunga terutama bisnis anggrek,hal ini tidak akan pernah surut atau mati,  banyak orang yang suka dengan anggrek dan  hal ini akan semakin bertambah.
Ada beberapa jenis usaha budidaya anggrek potong yang menjadi andalan untuk diperjual belikan, diantaranya adalah Vanda Douglas ,Gym Story/kalajengking merah dan Giwi/kalajengking kuning, kedua jenis anggrek yang terakhir adalah jenis anggrek yang berasal dari family Arachnis sp. Anggrek yang berjenis Gym Story  biasanya dijual dengan kisaran nominal harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 200.000/ikat dengan isi sebanyak 80 tangkai atau dihitung Rp 1.000per tangkai, sementara anggrek Douglas bisa dijual dengan harga nominal kisaran Rp 50.000/ikat, dan anggrek Giwi Rp 25.000/ikat.
Harga ini bisa melonjak berlipat lipat hingga 4 kali lipat pada saat tertentu seperti pada perayaan imlek. Dari sekian Jenis anggrek potong, Jenis anggrek potong yang paling disukai adalah anggrek jenis Gym Story karena ciri fisiknya yang sangat menawan dengan mahkota bunga yang memiliki warna merah, cerah, mengkilap, berkilau sehingga sangat ndah dipandang mata.
Ketiga jenis anggrek ini dikenal memiliki beberapa keunggulan misalnya lebih tahan lama meski tidak ada air, dapat ditanam di daerah perkotaan dan tidak mudah layu.
Saat ini, penggiat bunga anggrek telah melakukan berbagai inovasi, jika anda ingin ikut membudidayakan anggrek ini, anda bisa menyiapkan lahan yang bisa anda sesuaikan sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda memiliki lahan 6000 m persegi, anda bisa menanam sekitar 300 ribu batang anggrek. Dalam pemasarannya, bunga anggrek dapat anda jual ke tengkulak atau bisa juga dipasarkan langsung ke konsumen.

Anggrek Terrestris adalah jenis anggrek yang hidup pada tanah humus yang subur. Jenis anggrek yang bisa hidup dengan bantuan media tanam seperti tanah, sabut kelapa, arang, pakis, hingga serbuk kayu. Umumnya anggrek terrestrial membutuhkan cahaya matahari langsung atau penuh. Namun ada pula anggrek yang membutuhkan sedikit cahaya. Anggrek jenis ini tumbuh meninggi dan akar akan tumbuh pada batangnya. Batang yang berakar inilah yang bisa dijadikan bibit (stek). Dibandingkan anggrek Epifit, jenis anggrek tanah bersifat lebih rajin berbunga. Karena perawatannya mudah, anggrek tanah adalah jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan dan dijadikan bunga potong untuk beragam keperluan, sebagai dekorasi rumah atau pesta pernikahan. Anggrek terestrial atau anggrek tanah banyak jenisnya. Salah satu jenis anggrek terrestis ini adalah anggrek Arachnis atau biasa kita sebut dengan nama anggrek kalajengking. Selain itu juga masih ada lagi Vanda douglas dan  Aranthera James Storeii Red.

Taksonomi/Klasifikasi
Kerajaan : Plantae.
Divisi : Tracheophyta.
Kelas : Liliopsida.
Ordo : Asparagales.
Famili : Orchidaceae.
Genus : Arachnis.
Spesies : Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f.
Namanya Anggrek Kalajengking atau Arachnis flos-aeris. Bentuknya unik karena memiliki bunga yang mirip hewan kalajengking. Di Indonesia anggrek ini dikenal dengan nama anggrek kalajengking atau anggrek ketonggeng. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai scorpion orchid. Nama ilmiah tanaman hias ini adalah Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f. dengan beberapa nama sinonim seperti
Aerides arachnites Sw.,
Aerides matutina Willd.,
Arachnanthe flos-aeris (L.) J.J.Sm.,
Arachnanthe moschifera (Blume) Blume,
Arachnis flos-aeris var. gracilis Holttum,
Arachnis moschifera Blume,
Epidendrum aerosanthum St.-Lag.,
Epidendrum flos-aeris L.,
Limodorum flos-aeris (L.) Sw.,
Renanthera arachnites (Sw.) Lindl.,
Renanthera flos-aeris (L.) Rchb.f.,
Renanthera moschifera (Blume) Knuth, dan
Renanthera moschifera (Blume) Hassk.
Anggrek kalajengking (Arachnis flos-aeris) memang masih berkerabat dekat dengan Anggrek kalajengking putih (Arachnis hookeriana), Anggrek kalajengking merah (Arachnis maingayi) maupun Anggrek berbulu leopard (Arachnis celebica). Namun tumbuhan epifit ini memiliki karakter yang berbeda.
Anggrek Kalajengking merupakan salah satu flora asli Indonesia. Anggrek ini tersebar mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Kalimantan (Indonesia dan Malaysia). Tumbuhan ini tidak termasuk anggrek yang dilindungi maupun anggrek langka yang terancam punah.

Arachnis annamensis (Rolfe) J.J. Sm.
Arachnis celebica
 Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f.
 Arachnis flos-aeris Claire
Arachnis flos-aeris var. insignis "Black Orchid"
 Arachnis hookeriana
Arachnis longicaulis
Arachnis longisepala
Arachnis maggie oei 'Red Ribbon'
Arachnis maggie oei X Aranda sayan
Arachnis maggie oei x Renanthera matutina
 
 Arachnis maingayi (Hook. f.) Schltr.

 Genus : Aranda
Spesies :
Aranda christine 'Alba', Aranda 'Hilda Galistan', Aranda Lucy Red

Aranda christine 'Alba'
Aranda 'Hilda Galistan'
Aranda Lucy Red

Genus : Aranthera
Spesies : Aranthera James Storei
 
Aranthera James Storie

Genus :Mokara

Mokara Chao Praya Sunrise
Mokara Orchid Orange

Lavender Blue Rain Mokara Orchid

Genus : Renanthera
Spesies : Renanthera
coccinea, Renanthera storiei

Renanthera coccinea
Renanthera storiei

 Genus : Renantopsis

Renantopsis (Renanthera monachica x Vandopsis gigantea)
Genus : Vanda
Spesies : Vanda douglas,
Vanda hookeriana, Vanda Miss Joaquim (Vanda hookeriana x Vanda teres), Vanda teres var. Andersonii

Vanda douglas
Vanda hookeriana
 Vanda Miss Joaquim (Vanda hookeriana x Vanda teres)

 Vanda teres var. Andersonii

Genus : Vandachnis (Arachnis × Vandopsis)
Spesies : Vandachnis coronation

Vandachnis coronation
Genus : Vandopsis
Spesies : Vandopsis gigantea, Vandopsis lissochiliodes

Vandopsis gigantea
Vandopsis lissochiliodes
Morfologi
Jenis anggrek ini memiliki batang yang kuat dan tinggi dengan ruas-ruas sepanjang 4-10 cm. Memiliki daun yang tebal berdaging dan pipih memanjang dengan panjang daun hingga mencapai 35 cm dan lebar sekitar 5 cm. Bunganya unik yang sekilas menyerupai hewan kalajengking lengkap dengan sengat dan kaki-kakinya. Oleh karena itulah anggrek ini kemudian disebut sebagai anggrek kalajengking. Bunga tumbuh tidak terlalu lebat dengan ukuran tinggi antara 10-11 cm dan lebar antara 7-8,5 cm. Bunga anggrek ini berwarna kuning semu kehijauan dengan lurik berwarna cokelat gelap. Bunga beraroma harum.
Sebagai anggrek epifit, anggrek kalajengking tumbuh menempel di batang pohon dengan ketinggian 12 m di atas permukaan tanah. Saat muda, memiliki akar gantung. Seiring dengan bertambahnya usia, akar gantung akan menyentuh tanah dan berubah fungsi menjadi akar tunjang sebagai penunjang dari batangnya. Karena karakteristik tersebut anggrek jenis ini mudah pula dipelihara sebagai anggrek tanah.

Menanam anggrek tanah bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang musti diperhatikan saat akan menanam jenis anggrek tanah. Karena jika salah langkah, anggrek yang ditanam dalam tanah bisa-bisa tak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
Berikut ini beberapa langkah sederhana dalam cara menanam anggrek tanah dengan baik dan benar.

Pemilihan Jenis Anggrek
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis anggrek. Pilihlah anggrek yang memang bisa ditanam di dalam tanah. Anggrek yang bisa ditanam di dalam tanah merupakan anggrek jenis terestrial. Jangan sampai salah memilih anggrek jenis Epifit yang tidak bisa ditanam secara langsung di dalam tanah. Beberapa jenis anggrek yang bisa ditanam dalam tanah diantaranya Vanda, Aranthera, Renanthera dan juga Arachnis.

Lokasi Penanaman
Selain memperhatikan media yang digunakan untuk menanam anggrek, Anda perlu memperhatikan lokasi untuk menanam bunga anggrek tersebut.
Pilihlah lokasi yang mempunyai intensitas matahari yang cukup baik, karena pertumbuhan tanaman anggrek sangat terpengaruh dengan intensitas sinar matahari yang didapat. Usahakan untuk menyesuaikan jenis tanaman anggrek berdasarkan tingkat intensitas matahari yang didapat sehingga anggrek bisa tumbuh secara maksimal.
Tanaman anggrek ada yang harus terkena sinar matahari secara langsung. Jenis anggrek yang cocok untuk dibudidayakan pada tempat terbuka adalah anggrek Vanda, anggrek Arachnis dan anggrek Renanthera.
Selain membutuhkan sinar matahari penuh anggrek Vanda, dan anggrek Arachnis akan tumbuh secara maksimal bila ditempatkan pada ketinggian 500 m dpl. Selain ketinggian lokasi tanam Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara di tempat tersebut. Tempat yang bagus untuk pertumbuhan anggrek adalah tempat yang memiliki angin sepoi-sepoi. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni kelembaban udaranya agar tanaman anggrek bisa tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Suhu Penanaman
Anggrek akan tumbuh dengan baik pada lokasi yang mempunyai suhu sekitar 14 derajat celcius hingga 36 derajat celcius. Akan tetapi lahan   potensial untuk budidaya anggrek  dengan  suhu antara 25 hingga 27 derajat celcius. Jika Anda bisa menjaga suhu secara teratur, Anda bisa melihat anggrek yang Anda tanam mengeluarkan bunga yang indah melebihi apa yang diharapkan.
Penanaman
Kita semua bisa menanam bunga  anggrek yang akan dijual kembali di pekarangan rumah atau ladang khusus yang akan digunakan untuk menanam  anggrek tersebut.  Menanam bunga anggrek memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda belum pernah menanamnya. Untuk itu dibutuhkan kesabaran  agar  bisa mendapatkan hasil yang  bagus.  Untuk memulai budidaya anggrek  dibutuhkan  beberapa hal diantaranya adalah  lahan,  bagaimana cara membibirkan yang baik dan bagaimana perawatan  selanjutnya hingga  anggrek tersebut bisa dijual.
Cara menanam;
  1. Untuk bibit anggrek, Anda bisa membeli bibit anggrek secara langsung  atau dengan  melakukan stek batang. Jika Anda memilih stek barang, maka  tanamlah stek  anggrek tersebut saat musim hujan. Setelah bibit siap lalu bersihkan lahan, kemudian tancapkan bibit anggrek di atas permukaan tanah, pada bagian atas (permukaan tanah)  tambahkan sabut kelapa. Sabut kelapa akan habis dalam waktu enam bulan atau setahun, tergantung banyaknya anggrek. Gunakan kerangka bambu untuk menyangga  batang anggrek.
 Setelah bibit siap lalu bersihkan lahan, 
kemudian tancapkan bibit anggrek di atas permukaan tanah
 Pada bagian atas (permukaan tanah)  tambahkan sabut kelapa

2.  Jika anggrek akan ditanam di lahan media tanam yang digunakan campuran tanah (bagian bawah) dan sabut kelapa diatasnya. Karena anggrek tanah tumbuh meninggi sebaiknya gunakan lahan ukuran besar, dengan jumlah bibit yang ditanam disesuaikan.
Posisi menanam harus berdiri jadi sangga- ikat bibit anggrek dengan kawat atau bambu. Untuk anggrek vanda douglas jika posisi tidak berdiri akan mati.

 Gunakan kerangka bambu untuk menyangga  batang anggrek
 Contoh kerangka untuk budidaya tanaman Aachnis
Contoh kerangka untuk budidaya tanaman Mokara
Contoh kerangka untuk budidaya Vanda douglas
Jika anggrek akan ditanam dalam pot media tanam yang digunakan cukup sabut kelapa (tanpa tanah). Karena anggrek tanah tumbuh meninggi sebaiknya gunakan pot ukuran besar, dengan jumlah bibit yang ditanam disesuaikan.

 Sebaiknya gunakan pot ukuran besar, dengan jumlah bibit yang ditanam disesuaikan
 Menanam anggrek Mokara di pot, ukuran pot harus besar

  1. Tanam atau tempatkan pot ditempat yang terkena matahari sepanjang hari. Siram sehari dua kali, jika musim hujan tidak perlu disiram atau siram sehari sekali saja.
Anggrek bibit yang baru ditanam akan mengalami stres, berupa batang yang memerah pada anggrek Vanda douglas dan daun yang menguning pada anggrek Maggie Oei dan James Storeii, tetap lakukan penyiraman seperti biasa agar tidak mati. Stres ini  akan berlangsung selama kurang lebih 5 bulan pada anggrek Vanda douglas, untuk anggrek Maggie Oei, James Storeii,  dan Emastoriie masa stres tidak sampai 2 bulan.
Tanaman anggrek akan tetap berbunga pada masa ini karena bibit dari stek, anggrek membawa bakal bunga dari induknya. setelah berbunga sekali atau dua kali, anggrek akan berhenti berbunga selama masa stress. setelah masa stress dilalui baru dia akan berbungan kembali.
Jika anggrek sudah berbunga dan semua bunga ditangkainya layu segera petik tangkainya dari ujung tangkai agar terpancing tumbuh tunas bunga baru.
  1. Jika sudah tumbuh akar baru, beri pupuk kandang ayam (pupuk bisa dibeli ditoko pertanian atau tanaman hias) atau pupuk tanaman hias/anggrek  seperti growmore atau gaviota. Jika yang digunakan pupuk kandang ayam, pemupukan dilakukan tiga bulan sekali. Jika pupuk yang digunakan pupuk tanaman hias, lakukan secara rutin seminggu atau dua minggu sekali. Setelah anggrek dipupuk lakukan penyiraman seperti biasa. Jika tidak disiram anggrek akan mati karena proses pemupukan membuat anggrek 'panas'. Jangan lakukan pemupukan (penambahan bubuk kandang ayam) pada bibit yang baru ditanam karena bibit malah akan mati karena panas.
Catatan untuk penanaman dipot.
Batang akan meninggi dan keluar akar, lakukan regenerasi jika batang sudah tinggi sekali dan akar banyak. Regenerasi dilakukan dengan cara potong batang yang bagian atas, tanam di pot baru. Batang yang sudah di potong akan (di pot lama) akan mengelurkan tunas baru.

Media
Dalam budidaya anggrek kita perlu mengetahui media atau tempat untuk menanam bunga anggrek yang baik sesuai dengan jenis anggrek itu sendiri. Budidaya anggrek sebenarnya tidaklah terlalu rumit, bahkan untuk menanam bunga anggrek kita tidak harus menggunakan pot bisa di lahan terbuka.
Selanjutnya adalah menyiapkan media tanam dan tempat yang akan dipakai untuk menanam. Pilihlah jenis tanah yang tidak terlalu keras. Tanah yang digunakan bisa dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kompos atau pupuk. Untuk tempat menanam sendiri bisa memilih lahan terbuka atau menggunakan media pot. Jika memilih pot, pilihlah pot yang terbuat dari tanah liat dan yang mempunyai lubang yang berguna sebagai sirkulasi udara.
Media tanam memiliki fungsi utama sebagai tempat tumbuh tanaman anggrek. Selain itu, media tanam juga berfungsi menyimpan air maupun unsur hara yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman. Untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut, maka media tanam harus memenuhi standar pertumbuhan tanaman anggrek. Beberapa kondisi media tanam yang memenuhi standar tersebut antara lain, media harus poros, mudah menyimpan air, tidak mudah diinangi penyakit, memiliki daya aerasi cukup baik, mampu memberikan tambahan nutrisi tanaman, murah, serta mudah didapat.
Tanaman anggrek akan memiliki pertumbuhan optimal jika media tanam tersebut memiliki derajat keasaman (pH) antara 6-6,8. Oleh karena itu, pengecekan pH media harus dilakukan karena media tanam ini sangat mempengaruhi laju pertumbuhan maupun produksi bunga anggrek yang dibudidayakan. Untuk mengetahui pH media tanam bisa dilakukan pengukuran menggunakan pH tester.
Penggantian media tanam baru juga harus dilakukan jika pertumbuhan tanaman anggrek sudah terlalu padat atau jumlah tunas maupun batangnya sudah terlalu padat dalam satu pot; kondisi media tanam sudah hancur, yang bisa menyebabkan media menjadi asam; dan setelah selesai berbunga, agar dapat merangsang tumbuhnya tunas anakan baru. Media tanam yang biasa digunakan oleh pembudidaya atau penggemar anggrek di Indonesia adalah pecahan batu bata atau genteng, serutan atau potongan kayu, sabut kelapa, arang kayu.
Salah satu media tanam yang paling banyak dipilih oleh para petani hobiis adalah sabut kelapa. Media tanam dengan sabut kelapa mempunyai daya simpan air yang sangat baik serta mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Media tanam yang satu ini cukup mudah ditemui dan diperoleh. Harganya pun sangat terjangkau.
Jika ingin menggunakan sabut kelapa sebagai media tanam pilihlah sabut kelapa yang sudah tua dan dipotong-potong sesuai dengan ukuran pot. Sebelum digunakan, sebaiknya sabut kelapa yang akan digunakan direndam dulu ke dalam larutan fungisida.
Untuk memahami lebih lanjut mengenai tata cara penanaman bunga anggrek menggunakan media tanam sabut kelapa, ada baiknya kita mengetahui langkah-langkah penanaman bunga anggrek yang baik dan benar. Berikut ini cara menanam bunga anggrek menggunakan media tanam sabut kelapa.
  1. Langkah pertama adalah dengan memotong sabut kelapa yang telah disiapkan. Potongan sabut kelapa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja disesuaikan dengan besarnya pot yang menjadi tempat sabut kelapa itu nantinya.
  2. Setelah memotong sabut kelapa sesuai ukuran yang dibutuhkan, selanjutnya adalah dengan membuang terlebih dahulu bagian kulit dari sabut kelapa tersebut. Kulit pada sabut kelapa tersebut mengandung banyak zat yang tidak disukai anggrek. Zat-zat tersebut jika tak dihilangkan akan mempengaruhi pertumbuhan bunga anggrek.
  3. Setelah dipotong dan dibersihkan dari kulitnya, langkah selanjutnya adalah dengan merendam sabut kelapa ke dalam air selama kurang lebih 6 jam. Setelah 6 jam, kita bisa mengambil sabut kelapa tersebut dari air rendaman.
  4. Langkah selanjutnya adalah memukul-mukul sabut kelapa yang telah diambil dari air rendaman. Pukul sabut kelapa tersebut menggunakan alat seperti palu atau kayu. Pukul terus menerus hingga pegangan antar serat dari sabut kelapa tersebut terbuka satu sama lain.
  5. Selanjutnya adalah merendam lagi sabut kelapa yang sudah dipukul-pukul tadi. Perendaman kali ini berbeda dengan perendaman yang pertama, karena untuk perendaman ini menggunakan air yang dicampur dengan fungisida. Hal ini untuk membuat sabut kelapa bersih dan steril dari jamur-jamur yang bisa menghambat pertumbuhan anggrek yang akan ditanam.
  6. Setelah direndam, sabut kelapa bisa diambil dan ditiriskan. Penirisan bisa dilakukan sekaligus dengan pengeringan agar sabut kelapa terjaga kelembapannya.
  7. Sabut kelapa sudah siap digunakan. Kita bisa mulai melilitkan bibit ke sabut kelapa yang sudah disiapkan. Selanjutnya anggrek yang sudah dililitkan bisa ditaruh dalam pot dan sudah siap dirawat hingga berbunga.
Itu tadi langkah-langkah sederhana dalam menanam bunga anggrek melalui media tanam sabut kelapa. Sabut kelapa memang menjadi salah satu opsi media tanam yang baik digunakan untuk menanam anggrek. Setelah mulai penanaman jangan lupa untuk melakukan perawatan.
Perawatan media tanam bisa dilakukan dengan mengganti sabut kelapa yang sudah lapuk atau yang sudah terlalu basah. Hal ini dilakukan agar anggrek bisa tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Sediakan selalu sabut kelapa cadangan yang kemungkinan bisa dijadikan sebagai pengganti.
Banyak kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan sabut kelapa sebagai media tanam bunga anggrek. Kelebihan utama dari sabut kelapa sebagai media tanaman adalah sifatnya yang mampu mengikat dan menyimpan air dengan kuat.
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, penggunaan sabut kelapa sebagai media tanam sebaiknya dilakukan di daerah yang memiliki curah hujan yang rendah. Air hujan yang berlebihan akan membuat media tanam sabut kelapa menjadi mudah lapuk.

Penyiraman
Tanaman anggrek monopodial, seperti anggrek Vanda sp.Arachnis sp., maupun Renanthera sp. merupakan jenis tanaman yang membutuhkan intensitas cahaya matahari langsung. Oleh karena itu, jenis anggrek ini membutuhkan air lebih banyak dibanding jenis anggrek lain. Penyiraman pada saat musim kemaru paling tidak dilakukan dua kali sehari. Apalagi jika kondisi cuaca sangat panas, pemberian air harus dilakukan lebih banyak. Penyiraman pada siang hari harus dilakukan dengan hati-hati karena justru akan mengakibatkan daun tanaman terbakar. Penyiraman sebaiknya menggunakan alat semprot yang dapat membasahi seluruh permukaan tanaman.
Waktu penyiraman yang baik pada tanaman anggrek yaitu pada pagi hari sekitar pukul 07.00-09.00 dan dan sore hari sekitar pukul 16.00-18.00. Penyiraman pada siang hari akan beresiko, karena justru membuat daun tanaman terbakar. Jika tanaman mengalami kekeringan pada siang hari, sebaiknya tidak buru-buru dilakukan penyiraman, karena anggrek tidak akan mengalami kematian hanya karena kekurangan air selama beberapa jam. Penyiraman sebaiknya dilakukan setelah cuaca tidak begitu panas.
Pada cuaca panas, dengan terik sinar matahari tinggi, penyiraman dilakukan lebih sering dengan volume air yang lebih banyak, terutama pada media yang memiliki daya simpan air rendah. Untuk tipe anggrek panas, penyiraman sebaiknya dilakukan setelah permukaan media tanaman tampak kering.
Pada media tanam yang memiliki daya serap air rendah, seperti arang, becahan batu bata atau genteng, dan potongan atau serutan kayu, membutuhkan volume dan frekuensi penyiraman yang lebih tinggi. Sedangkan pada media tanam seperti sabut kelapa membutuhkan penyiraman yang lebih sedikit yaitu cukup satu kali sehari.

Pemupukan
Pemupukan merupakan kegiatan memberikan nutrisi atau unsur hara yang diberikan kepada tanaman. Pemupukan bisa dilakukan melalui akar maupun daun. Pemupukan melalui akar dilakukan dengan cara memberikan pupuk pada media tanaman. Sedangakan pemupukan melalui daun dilakukan dengan cara memberikan pupuk melalui mulut daun. Pemberian pupuk melalui daun biasanya dilakukan dengan penyemprotan pupuk pada permukaan daun, terutama permukaan daun bagian bawah, karena mulut daun banyak terdapat di permukaan daun bagian bawah. Pemupukan lewat daun ini lebih afektif, karena mulut daun ini mampu menyerap pupuk yang diberikan sebanyak 90%.
Kebutuhan unsur hara pada setiap fese pertumbuhan tanaman anggrek berbeda-beda. Untuk anggrek yang masih pada fase pembibitan membutuhkan unsur hara nitrogen lebih tinggi, yaitu 60% N, 30% P, dan 10% K. Pupuk diberikan cukup sekali melalui daun selama fase pembibitan. Pada fase tanaman muda, kebutuhan nutrisi atau unsur haranya adalah 30% N, 30% P, dan 30% K. Pemberian pupuk melalui daun cukup diberikan seminggu sekali, sedangkan pemupukan melalui akar dapat diberikan tiga minggu sekali. Kebutuhan pupuk untuk anggrek dewasa yang sudah memasuki fase generatif atau pembungaan adalah 10% N, 60% P, dan 30% K. Pemupukan lewat daun diberikan seminggu sekali, sedangkan pemupukan lewat akar bisa diberikan tiga minggu sekali pada media tanam.
Gunakanlah pupuk organik untuk tahap pemupukan anggrek yang kita tanam. Pupuk organik memiliki keunggulan karena ramah lingkungan, tidak meninggalkan residu pestisida, dan dapat mendukung simbiosis mutualisme antara akar dan mikrozoa.

Macam-macam pupuk yang biasa digunakan untuk memupuk tanaman anggrek

 

 




 


Pencegahan Terhadap Hama dan Penyakit
Hal lain dalam tahap perawatan adalah mencegah serangan hama dan penyakit. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan hama dan penyakit diantaranya, menjaga sanitasi lingkungan, perawatan kesehatan, dan juga penyemprotan dengan pestisida. Lakukan penyemprotan pada anggrek   dengan  pestisida 1 atau 2 minggu sekali, jangan berlebihan.

Dengan perawatan yang baik (disiram, kena sinar matahari dan diberi pupuk) anggrek akan rajin berbunga – umumnya perdua minggu berbunga. Bunganya cukup tahan lama di pohon.
Anggrek Vanda Douglas berbunga perbulan.
Anggrek Emastoriie tidak serajin vanda douglas dalam berbunganya tapi sekali berbunga satu tangkai bisa belasan kuntum dan mekar secara bertahap hingga bunga tahan hingga dua bulan (berdasarkan pengalaman).






 




Panen
- Ciri dan Umur Tanaman Berbunga
Umur tanaman anggrek berbunga, tergantung jenisnya. Umumnya tanaman angrek dewasa
berbunga setelah 1-2 bulan ditanam. Tangkai bunga yang dihasilkan kira-kira 2 tangkai dengan jumlah kuntum sebanyak 20-25 kuntum pertangkai.
- Cara Pemetikan Bunga
Untuk panen bunga anggrek perlu diperhatikan, pemotongan dilakukan pada jarak 2 cm dari
pangkal tangkai bunga dengan menggunakan alat potong yang bersih.
- Perkiraan Produksi
Bibit anggrek yang sudah dewasa dan sesudah 2 bulan tangkai bunga akan menghasilkan 2
tangkai dengan jumlah kuntum 20-25 kuntum/tangkai.

Pasca Panen
- Pengumpulan
Pengumpulan bunga anggrek dilakukan berdasarkan permintaan pasar. Jenis anggrek Dendrobium dapat dipanen dalam bentuk:
a) Tanaman muda untuk bibit
b) Tanaman dewasa untuk tanaman hias
c) Bunga potong
Tanaman muda untuk bibit biasa dijual dalam bentuk pot kecil, sedangkan tanaman dewasa biasanya tanaman sudah berbunga. Untuk bunga potong dipilih tangkai yang kuntumnya paling banyak sudah mekar (kuncup tersisa 1-3 kuntum).
- Penyortiran dan Penggolongan
Bunga dipilih yang bagus, tidak kena penyakit ataupun luka. Selanjutnya bunga dikelompokan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan tingkat kesegaran atau ukuran bunga dengan maksud untuk mempertahanankan nilai jual sehingga bunga yang bagus tidak turun harganya.
- Penyimpanan
Penyimpanan bertujuan untuk memperlambat proses kelayuan bunga, sehingga dilakukan pada saat:
a) Bunga baru saja dipetik sambil menunggu pemanen selesai.
b) Bunga yang telah dipanen tidak segera dijual atau diangkut.
c) Bunga mengalami perjalanan sebelum sampai ke konsumen.
Agar bunga tetap segar perlu adanya pengawetan dengan tujuan agar penurunan mutu lebih lambat bunga tetap segar. Usaha pengawetan bunga dillakukan dengan cara penempatan bunga dalam larutan pengawet atau air hangat (38-43 ° C) selama 2 jam. Larutan bahan pengawet tersebut antara lain:
a) Larutan seven up dengan kadar 30 %.
b) 2 % larutan gula ditambah 2 gram physan (termasuk fungisida) dan 1 gram asam sitrat per 10 liter.
c) 2 % larutan gula ditambah 2 gram 8-hydroquinoline sulfat dan 1 gram asam sitrat per 10 liter.
d) Larutan gula kadar 4-5 % ditambah 0,2 gram quinolin per liter.
Pengawetan untuk bunga yang dikirim jauh adalah dengan merendam tangkainya dalam larutan gula dengan kadar 6-8 % selama 24 jam atau dimasukan dalam kantong plastik dan kadar karbon dioksida (CO2) dinaikkan dengan menggunakan es kering atau disimpan pada ruangan dengan kondisi udara antara 0-5 ° C.
- Pengemasan dan Pengangkutan
Setelah dilakukan pembersihan, pemilihan dan pengawetan bunga dendrobium potong dipak melalui cara:
1) Setiap sepuluh tangkai dibungkus bagian pucuk dengan menggunakan kantong plastik tipis, ukuran disesuaikan tergantung panjang tangkai.
2) Setiap pangkal tangkai dibalut kapas basah, kemudian dibungkus kantong plastik ukuran panjang 8 cm dan lebar 4 cm.
3) Pembungkus bunga dan pembungkus pangkal tangkai digabungkan selanjutnya diikat dengan karet gelang.
4) Bungkusan-bungkusan bunga disusun bersilang di dalam kotak karton yang berlubang sampai cukup padat.
5) Kotak karton ditutup rapat dengan menggunakan carton tape.

Jika dijadikan bunga potong.
Anggrek ditempatkan dalam vas berisi air, tapi air jangan terlalu banyak cukup setinggi 2 cm.

Analisa Usaha Budidaya Anggrek Potong

Modal Awal:
Lahan seluas 3000m2                                          
 Rp        1.000.000
Pembelian sabut kelapa                                     
 Rp        3.000.000
Pupuk kandang                                                    
 Rp        1.500.000
Pestisida 2 jenis (Dursban dan Akodan)           
 Rp              30.000
Pembelian bambu                                                
 Rp            500.000
Pembelian peralatan pertanian                           
 Rp            300.000
Jumlah                                                                   
 Rp        6.330.000
Biaya Operasional dihitung per Bulan:
Pestisida                                         
 Rp              30.000
Transportasi                                   
 Rp            200.000
Jumlah                                             
 Rp            230.000
Pendapatan/Bulan:
(23 ikat bunga x 4 (minggu) x Rp 60.000)                                 
 Rp        5.520.000
Laba Bersih:
Rp 5.520.000 - Rp 2.040.000                                                  
 Rp        3.480.000
 
Analisa Ekonomi
Asumsi
Budidaya anggrek potong dengan memanfaatkan lahan 60 m2 (milik pribadi).



Modal awal

2000 batang bibit x @ Rp 12.000
 Rp      24.000.000
Sabut kelapa 1 mobil pick up
 Rp           150.000
Peralatan (cangkul, kored)
 Rp           100.000
Alat penyempot
 Rp           450.000
Bambu
 Rp             50.000
Total
 Rp      24.750.000


Biaya operasional per bulan

Pupuk
 Rp           100.000
Pestisida
 Rp             50.000
Gaji pegawai 1 orang
 Rp        1.000.000
Biaya transportasi
 Rp           450.000
Total
 Rp        1.600.000


Omset per bulan

Rata-rata penjualan anggrek Rp 50.000,00/ikat

Penjualan per minggu mencapai 25 ikat anggrek, jadi :
@ Rp 50.000,00 x 25 x 4 minggu
 Rp        5.000.000
Laba bersih per bulan

Rp 5.000.000 - Rp 1.600.000
 Rp        3.400.000
ROI (Return of Investment)

(modal awal : laba bersih per bulan)   ± 8 bulan


Apakah bisnis bunga anggrek membutuhkan  pemasaran? Tentu saja,  untuk menjalankan bisnis apapun pastinya harus  menggunakan pemasaran yang baik, Anda  harus memasarkan  anggrek  tersebut dengan cara tepat agar  keuntungan yang didapatkan juga  banyak.
Anda bisa menawarkan bunga anggrek tersebut pada beberapa tempat yang menjual bunga  potong atau  Anda bisa memasarkannya di pasar bunga setempat.  Akan lebih baik bila Anda memasarkan  anggrek pada  internet. Internet akan menjangkau lebih banyak konsumen sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. Semakin baik pemasaran yang  Anda lakukan maka semakin  banyak  peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.
Peluang usaha  budidaya Anggrek ini masih sangat potensial untuk dijalankan namun saya sarankan anda harus terlebih dahulu menyukai kegiatan berkebun karena budidaya tanaman hias biasanya dikerjakan dengan landasan hobi. Jika anda melakukannya dengan senang maka akan lebih mudah menjalankannya.

Disampaikan pada acara :

Pemberdayaan Ekonomi Warga Desa Pagerharjo Samigaluh Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 20 Mei 2017 pukul 13.00 - 14.30, bersama Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

 Pembukaan materi pelatihan budidaya anggrek tanah
 
Saya sedang mengisi pelatihan budidaya anggrek tanah di Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo sesi kelas
Tampak peserta yang merupakan anggota Gabungan Kelompok Tani mendengarkan materi pelatihan budidaya anggrek tanah sesi kelas dengan serius
 Bahan-bahan buat praktek penanaman anggrek tanah
 Penyiapan lahan tanah untuk penanaman anggrek tanah
Setelah tanah siap lalu diberi kayu atau bambu untuk tegaknya anggrek tanah yang ditanam




Penanaman anggrek tanah yang tanaman anggrek tanahnya agar kuat diikatkan pada anjang-anjang bambunya
Agar tanaman anggrek tanah kuat ditambah gapit dari bambu
Setelah semua selesai penanaman bagian atas tanah ditambah dengan cocopit atau potongan sabut kelapa yang berguna untuk menyimpan air dan juga sebagai tempat akar anggrek tanah mengikat kuat dan mendapatkan sumber makanan
 Setelah praktek dilanjutkan dengan tanya jawab seputaran budidaya tanaman anggrek tanah
Foto bersama denan seluruh peserta pelatihan budidaya anggrek tanah


Oleh pihak desa Pagerharjo budidaya anggrek tanah ini sedang diusulkan ke pihak pemerintah daerah tingkat II Kulon Progo, semoga saja pelatihan budidaya anggrek tanah ini bisa lanjut sampai ke tingkat pemerintah daerah tingkat II Kulon Progo.

Tindak lanjut pelatihan budidaya anggrek tanah ini dilanjutkan di tahun 2018 dengan penanaman anggrek tanah untuk wilayah Rest Area Segithik di dekat kebun teh Nglinggo.

 Bibit anggrek tanah yang dipersiapkan untuk ditanam di rest area Segithik

Penanaman anggrek tanah di lokasi Rest Area Segithik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar